Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Penelitian Berkebun dapat Memanjangkan Umur

Mempunyai kesehatan yang stabil dan pikiran tenang ternyata dapat mempengaruhi harapan hidup seseorang. Mereka yang selalu sehat dan berpikiran tenang dapat memiliki harapan hidup yang panjang.

Berkebun dapat Memanjangkan Umur

Supaya sehat dan dapat berfikir tenang, seseorang cukup melakukan kegiatan yang sederhana dan mudah, yaitu dengan berkebun. Kegiatan berkebun tidak mesti harus dilahan yang luas. Di pekarangan rumah pun dapat dilakukan dan sudah dapat memberikan efek yang bagus bagi kesehatan.

Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian Korolinska University Hospital di Swedia. Para peneliti disana menyimpulkan, berkebun dapat mengurangi resiko seseorang terkena serangan jantung atau stroke.

Dari penelitian tersebut diketahui, dimana seseorang yang aktif dengan kegiatan berkebun, memiliki resiko 27 persen lebih rendah terkena serangan jantung atau stroke. Selain itu, dengan aktif berkebun dapat memperpanjang harapan hidup hingga 20 persen.

Para peneliti juga menyimpulkan, mereka yang aktif berkebun mempunyai resiko lebih rendah terkena sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah penyakit yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah, kelebihan lemak di sekitar pinggang dan peningkatan kadar kolestrol, dan lainnya.

Temuan para peneliti Swedia tersebut sangat penting untuk para lansia, karena mereka cenderung kurang bergerak dibandingkan kelompok lansia lain. Lebih banyak menghabiskan waktu duduk yang proporsinya lebih besar dari usia produktif. Bahkan diusianya tersebut, mereka sering kesulitan untuk mencapai tingkat intensitas latihan yang direkomendasikan.

Khusus bagi lansia, berkebun tidak mesti melakukan pekerjaan yang berat seperti mencangkul atau mengolah lahan. Cukup dengan memotong rumput, memangkas tanaman, merapikan pot, menanam bunga, menyiram tanaman dan memberikan pupuknya. Sehingga, peluang untuk sehat, berpikir tenang, dan berumur panjang semakin besar.

Karena hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Jadi, mulailah dari sekarang untuk melakukan kegiatan berkebun. Sebab, dengan berkebun dapat menjadikan orang sehat, berpikir tenang dan berumur panjang.

(diolah dari berbagai sumber referensi)